Jumat, 06 Mei 2016

4 Fighting Falcon Portugal Ambil Alih Langit Baltik




Portugal - Portugal mengambil alih udara Baltik dalam Air Policing Mission atau misi penjagaan udara Baltik mulai Rabu 4 Mei 2016. Jet-jet tempur Portugal akan beroperasi selama empat bulan ke depan di langit negara-negara Baltik bersama dengan Inggris sebagai bagian dari misi NATO untuk mengawasi udara Baltik.
“Angkatan Udara Portugis untuk ketiga kalinya mengambil bagian dalam misi udara NATO di negara-negara Baltik. Penyebaran Portugis saat ini akan terdiri 100 personel, termasuk pilot, teknisi, tenaga medis, tenaga pendukung dan spesialis komunikasi,” kata , Departemen Pertahanan Nasional Lithuania sebagaimana dikutip Sputnik Rabu.
Portugal mengirimkan empat F-16 Fighting Falcon untuk menggantikan empat jet Eurofighter Typhoon Spanyol yang digunakan pada misi sejak Januari. Jet Portugis akan berbasis di pangkalan udara Siauliai. Misi ini juga mengambil alih peran jet tempur Belgia yang telah beroperasi bersama dengan Spanyol sejak Januari lalu.
Tiga negara Baltik yakni Latvia, Estonia dan tetangga Lithuania tidak memiliki kemampuan patroli udara. Sejak bergabung dengan NATO pada tahun 2004, wilayah udara tiga negara Baltik dijaga secara bergantian oleh anggota NATO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar