Selasa, 17 Mei 2016

Markas Kapal Selam Koarmatim ?


Surabaya - Awalnya saya kurang tertarik untuk meng-upload gambar ini. Takut mengundang pro kontra yang tak berujung. Tapi setelah saya cermati, wah ada logo Hiu Kencana di atas kiri gambar. Seriuh nih pikir saya. Saya pun akhirnya menguploadnya.
armatim 4
Sekilas tampak seperti desain artistik (hasil olah grafik komputer). Gambar di atas terlihat lebih detil. Ada background pesisir (daratan) plus rumah rumah dan pepohonan. Selain itu ada pula foreground (latar depan), tiang yang menghalangi gambar markas kapal selam ini. Gambar ini tampaknya hasil screenshot dari tayangan video, karena terlihat dari RGB warnanya. Tapi yang menjadi tanda tanya, mengapa ada foreground tiang kuning memanjang horisontal di tengah. Mungkin rekan rekan punya jawabannya.
kapal selam armatim
Gambar yang ada logo hiu kencana lebih terlihat sebagai desain artistik hasil karya komputer. Kalau melihat desain tersebut, disiapkan enam markas kapal selam di markas kapal selam yang disebut di Armatim ini.
Berbicara soal kapal selam polos, saya jadi ingat rekan saya seorang wartawan yang pernah diajak melihat kapal selam. Dia adalah calon taruna yang akhirnya gugur di tahap akhir. Setelah beberapa tahun, dia bertemu dengan teman-temannya yang sudah menjadi anggota TNI. Suatu saat dia diajak main-main ke Tanjung Priok. Akhirnya dia berkesempatan melihat kapal selam. “Kalau diketahui Komandan, saya bisa dimarahi nih”, ujar rekannya itu.
Saya ajak dia ke komputer dan tunjukkan gambar kapal selam Cakra class. “Yang seperti ini bukan ?, ujar saya sambil menunjuk gambar kapal selam Cakra class.
“Bukan, itu tampak baru dan tidak ada nomer lambungnya”, ujarnya.
“Baru bagaimana”, kejar saya.
“Kalau KRI Cakra – Nanggala, kita sudah tahu, tua. Dari body-nya juga kelihatan, sudah tidak mulus. Kalau yang ini mulus dan baru”, ujarnya.
“Kapal selam jenis apa ?”, tanya saya.
“Tidak tahu”, ujarnya.
Yah, segitu saja pembicaraan saya dengan rekan saya ini, tidak ditambah atau dikurangi. Pembicaraan ini, terjadi sudah cukup lama, tahun 2014 lalu.
OK. Sekarang balik ke gambar di atas. Tampaknya gambar itu, desain artistik semata bukan ?
Sumber Gambar: Defence.PK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar