Sabtu, 07 Mei 2016

Angkatan Laut India Ganti Sea Harrier dengan MiG-29K


India - Pesawat Sea Harriers milik Angkatan Laut India telah menemukan tempat di museum, kini New Delhi bersiap untuk menggantinya dengan pesawat yang jauh lebih mampu yakni MiG-29K.

Angkatan Laut India akan melantik satu skuadron baru MiG-29K dalam upacara dijadwalkan berlangsung pada 11 Mei. Pesawat tempur Rusia mengganti akan menggantikan Harriers yang digunakan Angkatan Laut India sejak tahun 1983, dan ditempatkan di kapal perang INS Viraat, yang juga sedang dalam proses pensiun.
“Dengan dekomisioning INS Viraat dan kesulitan besar dalam pemeliharaan pesawat Sea Harrier yang tua, mereka dijadwalkan akan melantik kembali Skuadron 11 dengan menggunakan jet tempur MiG-29K pada Mei,” kata Angkatan Laut India dalam sebuah pernyataannya Kamis 5 Mei 2016.
Sea Harriers sedang dioperasikan oleh skuadron White Tigers, yang sedang dilatih untuk mengoperasikan 30 pesawat tempur supersonik MiG-29K dari 45 pesawat yang dipesan dari Rusia untuk INS Vikramaditya dan kapal induk yang sedang dibangun INS Vikrant. MiG-29K diharapkan dapat memberikan Angkatan Laut India kemampuan empat kali lipat dibandingkan Sea Harrier.
Sea Harrier
Sea Harrier
Komandan Angkatan Laut India Abhijit Singh mengatakan kepada Sputnik, “MiG-29 akan beroperasi dari INS Vikramaditya, sebuah kapal induk yang telah kita diperoleh dari Rusia. Kami telah membeli satu batch MiG-29K dari Rusia tapi ada permintaan untuk tambahan MiG- 29. Suku cadang Harrier tidak tersedia. Harrier yang digunakan pada kapal induk Viraat tua dan sekarang Viraat juga sedang dihentikan. Kita sekarang beralih ke pesawat yang lebih canggih. ”
Sea Harriers memiliki kecepatan operasional 640 knot atau 1.186 kmph, dengan jangkauan sekitar 800 mil laut, tapi, mereka jatuh pendek dari melebihi kecepatan suara di Mach 1 atau 1.235 kmph. Hindustan Aeronautics Limited melakukan upgrade terbatas beberapa tahun yang lalu termasuk dengan memasang radar Israel Elta EL / M-2032 dan rudal luar visual Derby, namun karena tidak tersedianya suku cadang, upgrade lebih lanjut menjadi tidak mungkin.
India telah merencanakan untuk mengganti Sea Harriers dengan pesawat Light Combat Aircraft versi Naval buatan sendiri tetapi program ini lebih dari 15 tahun molor.
Angkatan Laut India membeli 30 buatan Sea Harrier Inggris pada tahun 1983 tetapi hanya 11 yang sekarang masih bisa terbang. Pesawat pensiun akan ditempatkan di berbagai museum di seluruh negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar