Sabtu, 23 April 2016

Indonesia-Yunani Jajaki Kerja Sama Pertahanan





JAKARTA -- Pemerintah Indonesia bersama pemerintah Yunani berkeinginan untuk menjajaki kerja sama di bidang pertahanan. Khususnya kerja sama antara angkatan laut kedua negara.

Penjajakan kerja sama tersebut di bahas dalam pertemuan antara Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu dengan Duta Besar Yunani untuk Indonesia Georgios Dogoritis, di Kantor Kemhan, Jakarta, Jumat (22/4).

Seperti dikutip dari laman DMC Kemhan, Dubes Yunani mengatakan sebagai negara kepulauan yang memiliki hampir 2000 pulau dan hal itu sama dengan Indonesia, Pemerintah Yunani berkeinginan untuk melaksanakan kerja sama di bidang maritim dan kerja sama Angkatan Laut kedua negara.

"Kerja sama angkatan laut tersebut merupakan modalitas untuk melakukan kerja sama pertahanan antara Indonesia dengan Yunani," kata Dubes Georgios Dogoritis.

Ia mengataan, keadaan alamiah Yunani sebagai negara yang kuat di potensi lautnya, terdapat satu pulau yang dijadikan tempat latihan angkatan laut Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau North Atlantic Treaty Organization (NATO). 

Di pulau ini bukan hanya prajurit NATO yang berlatih melainkan juga prajurit Angkatan Laut yang berasal dari berbagai negara di seluruh dunia.

Selain memiliki kekuatan angkatan laut yang besar Dubes Georgios Dogoritis mengungkapkan Yunani juga memiliki perusahaan atau galangan kapal yang salah satunya berkemampuan membangun kapal selam dan tank kapal.

Untuk membicarakan lebih lanjut sektor-sektor yang menjadi potensi kerja sama, pada kesempatan tersebut Dubes Yunani mengundang Menhan Ryamizard berkunjung ke Yunani

"Saya yakin bahwa Indonesia dengan Yunani memiliki beberapa kepentingan yang sama sebagai dasar untuk melaksanakan penjajakan kemungkinan kerja sama di sektor pertahanan, baik kerja sama angkatan laut ataupun kerja sama lainnya seperti pertukaran perwira dan latihan bersama," kata Georgios Dogoritis.

Sementara itu Menhan Ryamizard Ryacudu mengatakan pada prinsipnya Indonesia akan menjalin persahabatan dengan negara mana pun. Dikatakannya, berdasarkan Undang-Undang Indonesia harus ikut berpartisipasi untuk menjaga perdamaian dunia. Oleh karena itu hingga saat ini Indonesia memiliki persahabatan dengan banyak negara di dunia.

Sehubungan dengan penjajakan kerja sama pertahanan dengan pemerintah Yunani, Menhan merespon baik.

Menhan mengharapkan kepada Dubes Yunani bisa berkunjung ke beberapa Industri pertahanan yang ada di Indonesia dan mencari potensi di beberapa sektor yang dijadikan modal untuk kerjasama pertahanan bagi kedua negara.

Sumber :
http://m.republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar