Minggu, 17 April 2016

Kapal Selam Silent Lebih Berbahaya Daripada Kapal Induk

Moscow - Rusia pernah mengerahkan armada kapal selam untuk melakukan serangan ke Suriah, dan bukan sembarang kapal selam. Rusia saat itu menurunkan salah satu kapal selam paling tenang di dunia. NATO menyebut kapal selam Rusia ini sebagai “Black Hole”. Kapal selam paling silent bertenaga diesel elektrik ini juga mampu menembakkan rudal jelajah jarak jauh untuk menghancurkan sasarannya di darat yang berjarak ribuan kilometer.
Kapal selam adalah salah satu senjata yang paling rahasia. Begitu rahasianya sehingga sangat sedikit informasi yang tersedia untuk menganalisa kekuatan bawah air suatu negara. Ada yang menganggap kekuatan kapal selam canggih yang dimiliki sebuah negara, lebih kuat daripada kekuatan kapal induk yang dimiliki negara lain.
Kapal selam diesel elektrik Kilo class dapat tetap terendam selama 45 hari, dan dengan berat 4.000 ton Kilo dapat berlayar dengan kecepatan 20 knot dibawah air. Kapal selam Kilo bisa masuk ke laut yang dangkal (anehnya beberapa pihak menyatakan Kilo tidak bisa berenang di perairan yang dangkal) dan karena begitu tenang, kapal selam ini tidak meninggalkan jejak suara yang menjadikannya tidak ‘terlihat’.
Kapal selam ‘Black Hole’ adalah salah satu senjata rahasia yang dimiliki Rusia, Iran, Vietnam, Aljazair, India, dan China….dan beruntunglah negara yang memiliki senjata rahasia yang mematikan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar