Jumat, 15 April 2016

JAS-39 Gripen Vs Su-27, Begini Perbandingannya


su 27 gripen

Jakarta - Membandingkan antara JAS-39 dengan Su-27 sesungguhnya tidak tepat karena keduanya beda kelas. Gripen adalah pesawat tempur ringan sementara Su-27 adalah pesawat tempur berat. Seharusnya JAS-39 Gripen dibandingkan dengan F-16 atau J-10, sementara SU-27 seharusnya dibandingkan dengan F-15.
gripen ok

Dalam pertempuran udara jarak dekat mungkin Su-27 akan muncul jadi pemenang, tetapi dalam pertarungan di luar visual Gripen memiliki keunggulan. Pesawat ini memiliki radar yang dan teknologi lebih baik. Wajar, karena Gripen memang lahir jauh setelah Flanker yang dibangun Soviet pada era Perang Dingin.
SU-27 ok
Gripen juga menggunakan rudal MBDA Meteor yang merupakan salah satu rudal udara ke udara terbaik untuk melawan target manuver tinggi. Rudal ini jauh lebih baik dibandingkan AIM-120 AMRAAM yang dibangun Amerika atau R77 Vympel milik Rusia. Selain itu untuk jarak menengah Gripen memiliki MBDA MICA yang juga baik terhadap sasaran bermanuver dan merupakan fire-and-forget short and medium-range missile.
Untuk perbandingan rincinya mari kita lihat data-data berikut:
gripen su 27
gripen su 27 2
gripen su 27 3
gripen su 27 4
gripen su 27 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar