Senin, 01 Agustus 2016

Akhirnya India Beli Pesawat Intai Maritim Boeing


India - India dikabarkan telah melakukan penandatanganan kontrak pembelian empat pesawat intai maritim P-8I buatan Boeing (28/7/2016). Pesawat intai maritim ini menurut media lokal akan digunakan untuk mengimbangi kekuatan Tiongkok di Laut China Selatan.
Sumber di Departemen Pertahanan India mengaku bahwa kontrak tersebut bernilai lebih dari satu miliar dolar AS. “Kontrak telah ditandatangani, saat ini kita tengah membahas tanggal pengiriman pertamanya,” ujar sumber tersebut seperti dikutip oleh AFP.
Pesawat intai maritim P-8I sendiri bukanlah barang baru bagi India. Sejak medio 2000-an lalu India tercatat telah mengoperasikan 8 unit pesawat tersebut. Kedelapan unit ini diterbangkan untuk mengawasi wilayah peraiaran India di Laut China Selatan.
India sendiri sejak Narendra Modi naik menjadi Perdana Menteri tahun 2014 telah melejitkan anggaran pertahanan mereka. Selain menjadi importir terbesar alat pertahanan, India saat ini juga dikenal gencar mengembangkan alat pertahanannya di dalam negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar