Selasa, 23 Agustus 2016

China ke Jepang: Anda Mundur dari Garis Merah, atau Kita Perang




China - Duta besar China untuk Jepang memperingatkan bahwa Beijing tidak akan mengakui permintaan untuk melepaskan kedaulatan mereka pada Laut Cina Selatan bahkan jika itu berarti kedua negara harus berperang.
Pada hari Sabtu 21 Agustus 2016, sumber-sumber diplomatik menegaskan bahwa China ternate telah mengeluarkan peringatan keras ke Tokyo pada akhir Juni lalu yang menuntut Jepang menahan diri dari pengiriman Pasukan Bela Diri untuk bergabung dengan operasi menguji kebebasan navigasi di Laut Cina Selatan bersama Amerika Serikat.
Sebagaimana dikutip Sputnik Sabtu, Duta Besar China Cheng Yonghua kala itu mengatakan kepada Tokyo bahwa Jepang akan “menyeberangi garis merah” jika kapal perang mereka mengambil bagian dalam kebebasan operasi navigasi,. Cheng mengancam aksi militer jika Jepang tidak mematuhi ultimatum tersebut
Peringatan itu datang dua minggu sebelum putusan Pengadilan Arbitrase yang memenangkan gugatan Filipina yang menolak klaim China atas wilayah Laut China Selatan. China mengecam dan menolak keputusan itu.
Tokyo terus memberikan tekanan pada Beijing atas putusan arbitrase, meskipun negara tersebut tidak terlibat langsung dalam konflik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar