Selasa, 02 Agustus 2016

Bomber Su-34 Dilengkapi Teknologi Mata-Mata Terbaru


Moskow - Bomber garis depan Rusia Sukhoi Su-34 akan segera membawa peralatan surveilans radio canggih yang akan memungkinkan kru untuk menemukan dan menghancurkan markas musuh, komunikasi dan pusat kontrol drone.
Tekonologi ini juga akan memberikan pesawat ini kemampuan pengintaian sembari melakukan gempuran.
Koran Izvestiya menulis mengutip sumber di Kementerian Pertahanan di Moskow Senin 1 Agustus 2016 melaporakn sistem baru ini disebut UKR-RT yang ditempatkan di bagian bawah Su-34 Fullback
“Sekarang sistem UKR-RT sedang menjalani uji coba lapangan dan akan segera diberikan ke Angkatan Udara,” kata sumber yang tidak disebutkan namanya kepada surat kabar tersebut.
UKR-RT terutama dirancang untuk mencari dan “membaca” sistem komunikasi, instalasi radar dan stasiun kontrol darat UAV.
Ahli militer independen Rusia Anton Lavrov mengatakan bahwa sistem baru akan mengubah pembom garis depan menjadi mesin multirole yang mampu bertempur dan mengintai pada waktu yang bersamaan.
“Dengan menempatkan teknologi ini di Su-34 akan menyelamatkan uang Rusia yang seharusnya dapat diperlukan untuk mengembangkan sebuah pesawat AWACS jenis baru.”
Selama masa damai pesawat ini dapat melakukan pengintaian tanpa menggunakan pesawat mata-mata khusus, sementara di masa perang pesawat kurang rentan dibandingkan dengan pesawat pengintai yang biasanya dikonversi dari pesawat transportasi dan penumpang, “kata Lavrov.
Menurut ahli pertahanan lain Dmitry Boltenkov, UKR-RT pada intinya sistem radio pengintaian M-410.
“M0410 adalah versi yang dirampingkan dari sistem Fraktsiya yang dibawa oleh pesawat pengintai terbaru Rusia Tu-214R,” kata Boltenkov.
Tu-2014R disebut sebagai platform mata-mata canggih yang mampu melihat target ratusan kilometer jauhnya. Pesawat ini telah dikirimkan beberapa kali ke Suriah.
Sistem Fraktsiya memungkinkan Tu-214R tidak hanya untuk mencegat radar, komunikasi elektronik dan bahkan ponsel, tapi juga menggunakan informasi yang diperoleh untuk membuat “gambar elektronik dari medan perang” secara real time.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar