Senin, 18 Juli 2016

India Kirim Tiga Kapal Perang ke Malaysia


India - Di tengah situasi yang semakin tegang pasca putusan pengadilan arbitrase yang menolak klaim China atas kawasan Laut China Selatan, Angkatan Laut India mengirimkan tiga kapal perang mereka ke Malaysia.
Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian India Pertahanan tiga kapal angkatan laut India telah tiba di Kelang Malaysia pada Jumat pagi dalam kunjungan empat hari sebagai bagian dari penyebaran Armada Timur ke Laut China Selatan dan Pasifik Barat.
Kapal-kapal mengunjungi yang juga kemungkinan untuk melakukan latihan dengan Angkatan Laut Malaysia bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas.
Hubungan pertahanan India-Malaysia sudah dekat sejak zaman kolonial ketika pasukan dari Infanteri asli Madras disajikan di Malaka, Singapura dan Penang.  Angkatan Laut India telah menjadi peserta reguler di Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition (LIMA) di Malaysia.
Kunjungan terakhir oleh sebuah kapal angkatan laut India ke Malaysia pada bulan Mei 2015, ketika Saryu berlabuh di Penang.
Kementerian Pertahanan India mengatakan bahwa kunjungan kapal angkatan laut India akan lebih memperkuat ikatan yang kuat persahabatan antara India dan Malaysia dan berkontribusi bagi keamanan dan stabilitas di bagian penting dunia ini.
India juga membidik Malaysia sebagai calon pembeli rudal BrahMos yang dibangun India dan Rusia.
Rudal BrahMos  versi angkatan laut sudah melayani Angkatan Laut India dan  baru-baru baru ini telah melakukan uji penerbangan pertama dengan pesawat Su-30MKI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar