Selasa, 05 Juli 2016

Uniknya Mengenal Jenis Topi Militer


Jakarta - Topi merupakan salah satu bagian penting, untuk melindungi kepala dari panas, hujan ataupun benturan. Begitu juga dengan militer yang membutuhkan spesifikasi atau jenis topi yang kurang lebih sama, selain itu berfungsi untuk menyamarkan pergerakan pasukan ketika sedang mengintai ataupun bertempur.

Boonie hat

topi militer
soldiersystems.com
Atau biasa disebut topi rimba, topi yang satu ini sangatlah terkenal dan populer di kalangan militer dunia. Hampir dapat dipastikan topi militer jenis ini memiliki motif yang beragam, namun dengan jenis yang sama. Diperkenalkan pertama kali oleh militer Amerika ketika konflik perang Vietnam, biasanya topi jenis ini digunakan saat bertempur di wilayah hutan atau wilayah yang memiliki vegetasi yang lebat.

Baseball Cap

topi militer
pinimg.com
Amerika menjadi biang keladi dari penggunaan baseball cap atau topi baseball sebagai salah satu penutup kepala dalam pertempuran. Baseball cap dikenal dan diciptakan pada tahun 1900 dengan sebutan Brooklyn Style, namun baru digunakan oleh personel militer Amerika sejak era perang Afganistan dan Irak, dan kini baseball cap sudah jamak digunakan oleh operator pasukan khusus dunia, maupun pasukan reguler.

Patrol Cap

topi militer
media.nola.com
Atau topi patroli, merupakan salah satu jenis topi militer yang usianya sudah sangat tua. Patrol cap diperkenalkan pada tahun 1951 dengan kode produksi M1951, merupakan turunan langsung dari jenis topi M1943 Field cap yang digunakan era perang dunia ke 2. Kini patrol cap tidak hanya digunakan oleh personel militer saja, topi yang memiliki bentuk sederhana ini sudah mulai digunakan sebagai salah satu benda fashion, dan mempunyai beragam warna tidak terbatas hanya motif kamuflase saja.

Beanie Cap

topi militer
marineconcept.com
Knit cap, booble hat, balaclava, tuque merupakan sekian banyak sebutan jenis topi yang di Indonesia dikenal dengan sebutan topi dingin. Topi ini awalnya digunakan oleh sipil namun digunakan juga oleh personel militer, umumnya dibuat dengan teknik rajutan menggunakan benang wol. Topi militer jenis ini digunakan di area atau medan pertempuran yang beriklim dingin. Hampir sebagian besar negara yang memiliki iklim dingin, mempunyai topi militer jenis ini untuk digunakan oleh para personel militernya.

Berets

topi militer
imgur.com
Atau baret, jenis topi militer yang paling tertua yang pernah ada dalam sejarah umat manusia, peneliti arkeologi telah meneliti bahwa bentuk dasar dari baret sudah digunakan sejak zaman perunggu. Bahkan peradaban kuno bangsa Kreta telah menggunakan baret sebagai penutup kepala. Namun baret pertama kali digunakan untuk militer sejak tahun 1889 oleh pasukan French Chasseurs Alpins, unit ini memiliki bentuk baret yang sangat lebar dan tidak seperti baret militer pada umumnya.

Ushanka

topi militer
i24news.com
Merupakan salah satu topi kebanggaan bangsa Rusia dan militer Rusia, digunakan ketika musim dingin dan terbuat dari bulu binatang yang mampu menghangatkan kepala. Hingga kini masih belum diketahui sejak kapan ushanka mulai digunakan secara luas, berdasarkan penelitian arkeologi ushanka sudah digunakan 1643, dan tidak hanya digunakan oleh bangsa Rusia saja.
Bangsa Jerman kuno dan Bulgaria maupun Makedonia juga mengadopsi Ushanka sebagai salah satu topi musim dingin. Kepopuleran topi ini dikenal saat perang dunia ke 2 dimana NAZI Jerman bertempur di perang musim dingin, melawan tentara Uni Soviet yang hampir sebagian besar menggunakan ushanka dan budenovka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar