Kamis, 14 Juli 2016

Lego Pembunuh, Mengenal Lebih Dekat APC/IFV Bumerang Rusia


Moskow - Pekan lalu, media Rusia melaporkan bahwa tahap akhir pengujian kendaraan persoel lapis baja atau kendaraan infanteri lapis baja (armored personnel carrier/infantry fighting vehicle) amfibi Bumerang telah dimulai.
Diharapkan kendaraan dalam konfigurasi APC yang dijuluki K-16, akan masuk layanan di militer Rusia pada akhir tahun. Sementara pada tahun 2017,  Arzamas Machine-Building Plant akan mulai produksi massal dari K-16 tersebut.
Dalam analisisnya di surat kabar online independen Rusia Svobodnaya Pressa analis militer Rusia Vladimir Tuchkovm mengatakan Bumerang sebagai kendaraan yang benar-benar baru dalam hal desain, “Secara fundamental berbeda dari mesin yang ada di gudang senjata Rusia saat ini.”
Military-Industrial Company (VPK LLC) Rusia dipilih untuk mengembangkan platform Bumerang pada tahun 2011 setelah diberi daftar persyaratan kemampuan yang sangat sulit.
“Pertama dan terpenting,” kata analis militer ini, “Perlu untuk melindungi APC dan kendaraan militer lainnya yang dibuat pada platform Boomerang dari ledakan ranjau. Desain APC dan IFV selalu menjadi kendaraan paling daerah dan ini telah diselesaikan oleh.VPK. ”
Tuntutan tinggi juga diminta dalam armor kendaraan baru. “Menggunakan bahan-bahan baru dan penelitian geometri optimal, desainer berhasil membuat kendaraan tak tertembus untuk senjata kecil dan amunisi kaliber kecil, serta fragmen amunisi kaliber besar.”
Selain itu, kendaraan, yang duduk di sebuah suspensi roda 8×8, kini membuktikan kemampuan amfibi, dengan mesin diesel 510 tenaga kuda memungkinkan kendaraan dengan bobot 15-20 ton bisa bergerak gesit di medan kasar.
“Di jalan raya,” catat Tuchkov, “ia mampu bergerak pada kecepatan hingga 100 km per jam, dengan pasokan bahan bakar hingga 800 km. Dilengkapi dengan dua mesin waterjet, kendaraan ini juga mampu mengatasi rintangan air, dan ‘berenang’ di gelombang kasar. untuk ini Bumerang dilengkapi dengan intake dan snorkel menjulang di atas air, mesin disegel dan kompartemen internal. Dalam hubungan ini, kendaraan yang menggunakan platform Bumerang tidak hanya dapat digunakan oleh angkatan darat, tetapi juga untuk unit serbu amfibi Angkatan Laut. ”
Pertama kali terlihat di depan umum selama Hari Kemenangan Parade 2015 di Moskow, banyak yang telah menulis mengenai kendaraan ini. Tuchkov memiliki kesempatan untuk ‘merasakan’ K-16 yang menunjukkan bahwa ia telah mencapai tingkat kenyamanan [bagi operator] yang sama sekali tidak ada di generasi sebelumnya [APC Soviet / Rusia].
“Modul mesin dan kontrol berada di depan mesin, sementara penumpang masuk dari pintu belakang menggunakan ramp. Dengan cara ini, orang-orang berada di bawah perlindungan lapis baja kendaraan.”
LEGO PEMBUNUH
Bumerang armored personnel carrier
Bumerang armored personnel carrier
Platform Bumerang dikembangkan sesuai dengan jadwal yang sangat ketat. Departemen Pertahanan menyetujui proyek pada bulan November 2011, prototipe
pertama dikirim pada tahun 2013 dan kendaraan berpartisipasi dalam perayaan ke-70 Great Patriotic War pada tanggal 9 Mei 2015. Sejak itu, mereka telah menjalani pelatihan yang ekstensif.
“Untuk saat ini,” Tuchkov ingat, “platform Boomerang mencakup dua kendaraan tempur dibangun untuk tujuan yang berbeda. K-16 APC dan K-17 IFV”
Di masa mendatang platform diharapkan untuk fitur konfigurasi ‘dek penuh’, calon kendaraan termasuk kendaraan komando, pengintaian, peperangan elektronik, artileri self-propelled, ambulans lapis baja dan perbaikan, membuat Bumerang seperti Lego mematikan, dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan militer.
“Semua varietas ini menuntut penggunaan persenjataan yang optimal, mengingat bahwa platform seberat 20-ton tidak memungkinkan untuk instalasi senjata berat,” kata Tuchkov.
Dengan demikian, varian APC dilengkapi dengan modul ‘Bumerang-BM’, yang dikembangkan oleh Tula Biro Desain Instrumen. Modul ini mencakup meriam 2A42 auto 30 mm, bersama dengan senapan mesin koaksial PTK 7,62 mm, dan sistem rudal anti-tank Kornet, dengan empat putaran senjata dipandu laser.
“Modul ini tak berawak, dan tembakan dilakukan dari jarak jauh, baik oleh komandan kendaraan atau penembak. Hal ini memungkinkan untuk tingkat survivability lebih tinggi untuk awak dan di sisi lain, untuk pengurangan ukuran modul, termasuk pengaturan padat peralatan yang dapat ditempatkan di dalamnya. ”
“Ada juga blok pada sistem yang tujuannya belum diungkapkan,” kata Tuchkov. “Menurut para ahli, mereka mungkin berisi sistem peperangan elektronik atau penanggulangan optronic.”
“Jangkauan maksimum senjata utama Bumerang-BM adalah 4.000 meter. Amunisi terdiri dari 500 putaran, termasuk 160 piercing lapis baja dan 340 putaran ledak tinggi. Kotak senapan mesin meliputi 2.000 butir amunisi, dengan jarak tembak 1.500 meter. Laras senapan mampu elevasi hingga 70 derajat, dan menembaki target udara. Rudal anti-tank, terletak di sisi unit dan mampu menembak antara 8.000-10.000 meter, tergantung pada modifikasi.”
Menurut Tuchkov, sudah ada indikasi bahwa modul Bumerang-BM akan dipasang tidak hanya pada Bumerang APC, tetapi juga modular IFV Kurganets-25, “Dan bahkan beberapa modifikasi dari platform Armata. Sementara itu, para Tula Biro Desain Instrumen terus mengembangkan sistem senjata, ada rencana untuk membuat BM-‘Epocha ‘, modifikasi DEEM dari Kurgan-BM, pada akhir dekade ini “.
“Sejauh IFV K-17  sesuai dengan tujuan dari dukungan tembakan untuk infanteri, perlu untuk dilengkapi dengan modul tempur yang kuat seperti Bumerang-BM. Informasi akses terbuka pada proses ini sangat terbatas dan kadang-kadang bertentangan.”  K-16
Pada akhirnya, menurut Tuchkov, kemungkinan proyek berikutnya untuk dikembangkan atas dasar platform Bumerang adalah sistem artileri self-propelled 120 mm, bersama dengan sistem anti-pesawat self-propelled 57 mm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar