Rabu, 20 Juli 2016

Uji Coba Elemen Pesawat Tempur Generasi VI pada PAK FA


Moskow - Pada awal Maret lalu terdengar kabar bahwa pesawat generasi VI telah mulai dirancang Rusia. Pesawat generasi VI tersebut terbagi dalam dua versi, yakni versi berawak dan tanpa awak. Prototipe pesawat tempur generasi VI tersebut diperkirakan dapat mengudara dengan segera sebelum 2025. Untuk itu, uji coba elemen pesawat tempur generasi VI itu pun disematkan pada jet tempur Sukhoi T-50 PAK FA.
“Beberapa elemen terpisah pesawat tempur generasi VI Rusia sedang diuji coba pada pesawat tempur generasi ke-5 Sukhoi PAK FA (Prospective Airborne Complex of Frontline Aviation),” tutur penasihat Wakil Direktur Jenderal I Perusahaan Teknologi Radio-Elektronik (KRET) Vladimir Mikheyevof pada TASS, Senin (11/7/2016), lalu dalam lansiran RBTH Indonesia.
Kabarnya, KRET (anak perusahaan Rostec) saat ini tengah mengembangkan sistem senjata elektronik untuk pesawat tempur generasi VI tersebut. Sementara, Rusia tengah menguji pesawat generasi V PAK FA yang sudah melakukan penerbangan pertamanya pada 2010. Uji coba terhadap T-50 PAK FA dijadwalkan selesai pada tahun ini, dan tahun depan pesawat akan dikirim secara massal untuk militer.
“Satu-satunya solusi yang akan diterapkan bagi pesawat generasi VI sedang diuji coba pada pesawat generasi V serta pada perangkat berbasis darat. Beberapa elemen penerbangan dan sistem navigasi secara terpisah telah dipasang pada PAK FA,” ujar Mikheyev.
Mikheyev menambahkan, pesawat generasi VI tersebut akan disematkan sistem senjata elektronik terpadu yang berguna sebagai radar, sistem transmisi data dan perangkat komunikasi. Selain itu, sistem senjata elektronik terpadu itu akan berfungsi sebagai sistem navigasi dan transponder IFF.
“Sistem radar PAK FA akan beroperasi sebagai pelacak dan sistem pengintai sekaligus, sementara sistem senjata elektronik akan mendeteksi radio dan lokasi. Ini menunjukkan integrasi dan redistribusi fungsi PAK FA telah berlangsung. Penggunaan aviasi terintegasi telah diuji di banyak pesawat, salah satunya pesawat tempur generasi ke-5 AS F-35,” tambah perwakilan KRET.
Pesawat PAK FA adalah pesawat jet siluman yang memiliki kursi tunggal dengan mesin ganda. PAK FA merupakan pesawat pertama Rusia yang memiliki teknologi siluman. Pesawat multifungsi ini didesain sebagai pesawat penyerang yang unggul di udara. Pesawat ini nantinya memiliki sistem avionik tangguh bermanuver super yang dapat mengalahkan pesawat generasi sebelumnya serta pertahanan darat dan laut. PAK FA sejatinya ditujukan untuk menggantikan MiG-29 dan Su-27 AU Rusia. Pesawat ini pun menjadi dasar pesawat generasi V untuk AU India yang dirancang Sukhoi bersama Hindustan Aeronautics Limited (HAL).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar